Apapun juga ide bisnis UKM yang Anda miliki, tentu saja akan tetap membutuhkan sebuah strategi pemasaran yang brilian.
Indonesia salah satu Negara berkembang yang terdiri dari beragam suku dan golongan. Sebagian besar dari mereka belakangan ini berusaha menjadi seorang entrepreneur dengan menjalankan usaha kecil menengah (UKM).
Ide bisnis yang dikembangkan oleh masyarakat Indonesia pun cukup banyak yang memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri. Tapi, semenarik apapun juga ide bisnis UKM yang di miliki, tentu saja akan tetap membutuhkan sebuah strategi pemasaran yang brilian.
Sebuah strategi pemasaran yang baik agar bisa menjual produk atau jasa, pasti membutuhkan perencanaan serta pengetahuan tentang prinsip-prinsip pemasaran. Berikut ini adalah beberapa hal penting dalam sebuah pemasaran bisnis UKM yang perlu Anda ketahui.
Kerjakan secara berulang
Pemilik usaha kecil menengah biasanya melihat suatu upaya pemasaran sebagai salah satu hal penting yang perlu dilakukan. Tugas tersebut membutuhkan waktu lama, namun langkah-langkah dalam pemasaran tersebut telah mewakili garis hidup sebuah perusahaan. Pemasaran jika dilakukan hanya sekali dan sedanya saja , akan membuat usaha tidak berkembang. Sedangkan upaya pemasaran yang dilakukan secara berulang-ulang akan menghasilkan penjualan yang sangat baik.
Teknik
Tenaga pemasaran yang profesional umumnya memahami sebuah dasar-dasar pemasaran. Testimonial serta dukungan dari keluarga sudah mewakili satu kekuatan persuasi bahwa produk atau jasa ini telah digunakan oleh orang untuk mempengaruhi banyak orang.
Solusi
Materi untuk strategi pemasaran yang dirancang sebaiknya bisa menjual sebuah solusi atau jawaban, bukan barang maupun jasa.Misalnya, menjadi seorang penulis haruslah bisa memasarkan dirinya sebagai seseorang yang bisa memberikan atau memperbaiki suatu masalah, bukan sebagai seorang profesional kreatif yang mengesankan.
Kompleksitas
Mempublikasikan sebuah daftar periksa dan memandu rekan-rekan yang lain melalui labirin kompleks merupakan bagian dari strategi pemasaran. Sebuah daftar periksa disini mungkin akan menjelaskan suatu seluk-beluk teknologi yang baru, sebagaimana mestinya untuk bisa terlibat dalam pemasaran dan dapat menarik para pengunjung ke situs website Anda. Dasar-dasar dari optimasi mesin pencarian dan pemilihan kata kunci merupakan keterampilan yang harus dipelajari untuk bisa bertahan hidup dalam pemasaran di masa modern seperti sekarang ini.
Semoga informasi mengenai beberapa poin atau hal penting dalam sebuah pemasaran bisnis UKM diatas bisa memberikan banyak manfaat bagi Anda para pemula dan pemilik bisnis.